Jangan Yang Dingin

by Error Shinobi
Setelah seharian berpuasa memang paling enak minum air es yang terasa segar di mulut. Namun tahukah Anda kebiasaan minum minuman dingin saat berbuka puasa adalah kebiasaan yang tidak sehat.

"Biasanya saat berbuka umat muslim langsung menghilangkan dahaga dengan air es. Saya sarankan sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan karena dapat menyebabkan konstraksi pada lambung," jelas Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, dr Nursyam, M.Kes di Sungai Raya, belum lama ini.


Dr Nursyam menyarankan saat berbuka puasa ada baiknya dibuka dengan meminum air manis hangat untuk menstabilkan lambung yang kosong selama menjalankan puasa.

"Setelah lima sampai sepuluh menit, silakan minum air es karena kondisi perut sudah stabil. Namun alangkah baiknya jika diisi dulu dengan makanan yang manis seperti kurma dan kolak," tuturnya.

Nursyam menjelaskan selama 14 jam lambung dalam keadaan kosong. Jika langsung diisi dengan air dingin, maka lambung akan terkejut dan menyebabkan konstraksi.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya itu menambahkan, dalam menjalankan puasa pada saat akan tidur malam dan saat sahur ada baiknya memperbanyak minum air putih sampai dua liter.

Lalu memperbanyak makan sayur dan buah berserat juga bisa menjaga daya tahan tubuh serta mengurangi lapar. Selain itu, makanan berserat juga bisa menahan daya tampung air di dalam lambung.

16 komentar:

COMPLETE - ALL in One Blog mengatakan...

Saya lebih suka teh hangat ketimbang es...

Mbah_Qopet mengatakan...

padahal saya suka Buka Puasa pke Es

EX-DOT mengatakan...

klw saya 1 hari nggak minum air es pasti ada yang kurang. soalnya nggak biasa klw minum bukan air dingin

Shinobi Blog mengatakan...

COMPLETE - ALL in One Blog :
bagus itu sob.. :)

Mbah_Qopet & EX-DOT :
sama kayak saia nih... lebih suka es., tapi usahakan jgn minum es pada saat buka puasa bro.. :)

"Dot-XP" mengatakan...

ada aja deh postnya, haha

Shinobi Blog mengatakan...

"Dot-XP" : kog ada² aja sob ???,, hhi.. :D

apakah ini itu mengatakan...

Wew, ane paling demen minum es buah kalo buka puasa ni bro, masa kaga boleh sih, gimana dong :mewek:

Asmara Susanto mengatakan...

wah gk jadi PERTAMAXXX ane
konstraksi pada lambung hi ... ngeri BU hoho

Farixsantips mengatakan...

Ohhh gitu ya :( yaaah saya suka dingin :( oke lah aku kurangin demi kesehatan :)

Putra Tenzhung mengatakan...

ada bener nya juga siee...
tp tidak bisa dipungkiri orang yg puasa pasti diawali dengan es2 yg seger. :)

bagi bagio mengatakan...

Wadudu.. makanya Perut Ayas msti rada "SENEP" waktu buka Puasa pake Minum Air ES, abisnya Ayas selalu dibuatin Es Cendol siy, gak biasa Ngeteh dulu Boss.. Minum Tehnya selslu abis makan!!
Hwehe..
kalo gitu Ayas coba ubah kebiasaan ini deh!!
MAKASI INFOnya Boss!!

Shinobi Blog mengatakan...

@ All :
waa... ternyata banyak yg suka pake es yaaa.... !!, harus di ubah tu' ... :)

Farixsantips mengatakan...

Iya sob esnya dikurangin hehehehe :D

Shinobi Blog mengatakan...

@Farixsantips : hhhe.. lanjutin esnya.. setelah perut udah ada isinya sob.... :)

Asmara Susanto mengatakan...

es biasany ane fanta+es sob, gpplah sekali2 :D

Shinobi Blog mengatakan...

@Asmara Susanto : bagi dunk sob. . . :)

Posting Komentar