Boleh Dilakukan Oleh Orang Yang Puasa

by Error Shinobi
Yang Boleh Dilakukan Oleh Orang Yang Puasa. Dikira Tidak Boleh, Ternyata Boleh..

Seorang hamba yang taat dan memahami Al-Qur'an dan As-Sunnah tidak ragu lagi bahwa Allah menginginkan kemudahan bagi hambaNya dan tidak menginginkan kesulitan. Allah dan RasulNya –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam telah membolehkan beberapa hal bagi orang yang puasa dan tidak menganggapnya suatu kesalahan jika mengamalkannya.
Berikut ini diantara perbuatan-perbuatan tersebut beserta dalil-dalilnya :

1. Seorang yang Puasa Dibolehkan Memasuki Waktu Subuh dalam Keadaan Junub
Diriwayatkan dari Aisyah dan Ummu Salamah -radhiallahu 'anhuma: "Bahwasanya Nabi –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam memasuki waktu subuh dalam keadaan junub karena jima' dengan istrinya, kemudian beliau mandi dan berpuasa." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Seorang yang Puasa Boleh Bersiwak (Menggosok Gigi)
Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Kalaulah tidak memberatkan umatku niscaya aku suruh mereka untuk bersiwak setiap kali wudhu". (HR. Bukhari dan Muslim)
Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam tidak mengkhususkan orang yang puasa ataupun yang lainnya, ini sebagai dalil disunnahkan bersiwak (gosok gigi) bagi orang yang puasa dan lainnya setiap wudhu dan shalat.
Demikian pula hal ini umum di seluruh waktu, baik sebelum zawal (tergelincir matahari) atau setelahnya. Namun sebaiknya orang yang sedang berpuasa tidak menggunakan pasta gigi karena ada rasa dan aroma kuat yang dikhawatirkan ikut tertelan bersama ludah. Wallahu a'lam.
(“Majalis Syahr Ramadhan” hlm 112. Karya Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin dan kitab “48 Su’aalan Fi Ash-Shiyam Ajaba Alaiha Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin” hlm 63).

3. Berkumur-Kumur dan Istinsyaq (Memasukan Air ke Hidung Lalu Dikeluarkan Lagi Ketika Wudlu)
Karena Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam berkumur dan beristinsyaq dalam keadaan puasa, tetapi melarang orang yang berpuasa berlebihan ketika istinsyaq (memasukan air ke hidung) Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "…..dan bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq kecuali apabila kamu dalam keadaan puasa." (HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, Imam Ahmad dll dengan sanad sahih).

4. Bercengkrama (Bercumbu) dan Mencium Istri
Ibunda Aisyah –Radhiallahu ‘Anha pernah berkata: "Bahwasanya Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam mencium (isterinya) dalam keadaan puasa dan bercengakrama (bercumbu) dalam keadaan puasa, akan tetapi beliau adalah orang yang paling bisa menahan diri." (HR. Bukhari dan Muslim).
Hal ini diperbolehkan bagi mereka yang bisa menahan diri untuk tidak sampai keluar air mani atau menjurus kepada jima’.

5. Mengeluarkan Darah Untuk Pemeriksaan dan Suntikan yang Tidak Bertujuan Pengganti Makanan
Semua ini bukan pembatal puasa karena tidak ada dalil yang mengatakan batalnya puasa dengan hal-hal tersebut. Keterangan lebih lanjut dibahas dalam pembatal-pembatal puasa. (“Majalis Syahr Ramadhan” hlm 103. Karya Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin).

6. Mencicipi Makanan
Hal ini dibatasi selama tidak sampai tenggorokan dan tidak ditelan, berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas –Radhiallahu ‘Anhuma: “Tidak mengapa mencicipi kholl (cuka) atau sesuatu yang lain dalam keadaaan puasa selama tidak sampai ke tenggorokan.” (HR.Bukhari secara mu’allaq, dimaushulkan Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi dengan sanad hasan).

7. Memakai Celak, Obat Tetes Mata dan Telinga dan Lainnya
Semua ini tidak membatalkan puasa, baik rasanya sampai di tenggorokan atau tidak, karena semua ini bukan makan dan minum dan tidak sama dengan makan dan minum. Inilah pendapat yang dikuatkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah dalam risalahnya yang bermanfaat “Haqiqatus Shiyam”, serta muridnya Ibnul Qoyyim –rahimahullah dalam kitabnya ‘Zaadul Ma’ad”, juga para ulama yang lainnya seperti Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin–rahimahullah dll.
Imam Bukhari –rahimahullah berkata dalam kitab “Shahih Bukhari”: “Anas bin Malik, Hasan Al-Bashri dan Ibrahim An-Nakhai’ memandang tidak mengapa memakai celak (sipat) bagi orang yang berpuasa.”
(“Majalis Syahr Ramadhan” karya Syaikh Utsaimin, hlm 110 dan “Sifhat Shoum Nabi “ hlm 56).

8. Memakai Hand Spray (Obat yang Disemprotkan Melalui Mulut) Bagi Penderita Asma (Sesak Napas)
Fadhlilatusy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin –rahimahullah berpendapat bahwa memakai obat seperti ini tidaklah membatalkan puasa karena tidak sampai masuk ke dalam perut dan tujuannya adalah untuk membuka saluran napas sehingga seorang yang sesak napas bisa bernapas kembali dengan lega dan normal. Beliau berpendapat bahwa hal ini bukanlah makan dan minum dan tidak sama dengan makan dan minum yang sampai masuk ke dalam perut.
(Kitab “48 Su’aalan Fi Ash-Shiyam Ajaba Alaiha Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin” hlm 62-63, jama’ wa tartib: Salim bin Muhammad Al-Juhani).

9. Mengguyurkan Air Dingin ke Atas Kepala dan Mandi
Bukhari menyatakan di dalam kitab “Shahih Bukhari”: (Bab Mandinya Orang yang Puasa), Ibnu Umar –radhiallahu anhuma membasahi bajunya kemudian dia memakainya ketika dalam keadaan puasa (membasahi dengan air untuk mendinginkan badannya karena haus ketika puasa).
Asy-Sya’biy -rahimahullah masuk kamar mandi dalam keadaan puasa.
Al-Hasan -rahimahullah berkata: “Tidak mengapa berkumur-kumur dan memakai air dingin (untuk mendinginkan badan) dalam keadaan puasa.”
Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam mengguyurkan air ke kepalanya dalam keadaan puasa karena haus atau kepanasan.” (HR. Abu Dawud dan Imam Ahmad dengan sanad sahih.
“Shifat Shoum Nabi“ Karya Syaikh Salim Al-Hilaly dan Syaikh Ali Hasan, hlm 56 dan “Majalis Syahr Ramadhan” karya Syaikh Utsaimin, hlm 1112-113).
[Abdullah Shaleh Hadrami/ASH]

semoga bermanfaat***

source: kaskus

70 komentar:

rattiya mengatakan...

nice content

Liandri eko mengatakan...

wah infonya bagus gan, jadi tau sekarang mana yang beoleh pada saat puasa.

Oya KL 3x sudah terlaksana

Cek Info mengatakan...

KL 3 terlaksana lagi, kalo td pagi belum KL balik. jadi total KL 6 iklan :D
thanks, NYEMAK DOLO KAWAN

randy oktaran mengatakan...

kalau ngupil boleh gak bro?thanks infonya gue sering tuh mimpi basah pas subuh srrrrr wkwwkk becanda

aming mengatakan...

kudu ngasih tau ke temen nih...
Nice post gan, like it much

"Dot-XP" mengatakan...

KL sukses...

Shinobi Blog mengatakan...

@rattiya & @Liandri eko : makasih sob...

@Cek Info : oke bro.. langsung di dobel nih...

Shinobi Blog mengatakan...

@randy oktaran : waaa.. bahaya nih... hhe :D

Shinobi Blog mengatakan...

@aming : thank's sob...

@Dot-XP : oke...

Putra Tenzhung mengatakan...

Wew.. baaru tau ane sob.. thanks nih infonya berguna bgt :)

Belajar Photoshop mengatakan...

wahhhh yg bercumbu itu loh kang :p
bisa bisa nanti keterusan dee :( hueheheheh...

Cek Info mengatakan...

makan bole gk? :o

KL 3 iklan dolo

Rama88 mengatakan...

nice info nih sob,, jadi tau skrg,, hehehe,,

apakah ini itu mengatakan...

kalo mengguyurkan air ke kepala terus airnya masuk ke mulut dan tertelan, giman hukumnya tuh :p

Shinobi Blog mengatakan...

@Putra Tenzhung : masama sob...

@Belajar Photoshop : waaa.. jgn sampe bro.. :D

Shinobi Blog mengatakan...

@Cek Info : kau itu makan aja krjanya bro.. :D

@Rama88 : thank's sob..

@apakah ini itu : hukumnya tidak sah... hhe :D

Daeng Nawa mengatakan...

wah ternyata ada juga yang baru aku tau gan.. makasih infonya..

blog bebas mengatakan...

baru tau ane gan
makasih

Rumah Dijual mengatakan...

info yang bagus tw,,, :)

Liandri eko mengatakan...

kunjungan sore gan sambil KL 5x, mav baru mampir.

Dayz Hidayat mengatakan...

nice post ++++++++++ :D

Cek Info mengatakan...

wkwkwk, iy donk biar cepet gede :p

dtunggu KL balikny sob :D KL 3 iklan

Shinobi Blog mengatakan...

@All
makasih semuanya udah comment... :)

Shinobi Blog mengatakan...

@Cek Info : emang masih kecil yaa...??? :D ..oke KL balasan segera tiba..

Liandri eko mengatakan...

@admin: mudik gak sob?

Shinobi Blog mengatakan...

@Liandri eko : kebetulan ngak sob... kalo qm sendiri sob??? mudik ya???..

Cek Info mengatakan...

iy wkwkwk

@liandri : ente mudik
@liandri dan @Shinobi : BESOK AMBIL AWARD, JUMAT ANE MUDIK wkwkwk

[L]ain mengatakan...

nice share D:
selama ini saya ngira mencicipi makanan totally nggak boleh lho D:

Ladida mengatakan...

mgkin terlalu bnyak yg salah paham yah, hmm ..
semoga mereka bisa mengetahui yg sebenarnya, karena agama itu tidak mmpersulit umatnya ;)

Cek Info mengatakan...

ambil award ==> ini

Blog SEO DAW-XP mengatakan...

kalo sikat gigi membatalkan puasa gak mas?

ZONA DOWNLOAD GRATIS mengatakan...

@admin :ane mudik gan ke malang, emng kampung ente di mana?
@cek info: award udah ane ambil dan ane pajang, makasih banyak gan.

Lenny mengatakan...

info yang bagus sekali kebetulan saya asam dan saya menemukan info yang bagus tentang bolehnya penggunaan obat asma.terima kasih ya :)

Rachmad a.k.a Gorengan mengatakan...

2. Seorang yang Puasa Boleh Bersiwak (Menggosok Gigi) ..oKKeee

Shinobi Blog mengatakan...

@Cek Info : oke bro... :)

@[L]ain : hhe.. makasih.. :)

@Ladida : betul banget...

Shinobi Blog mengatakan...

@Blog SEO DAW-XP : bisa sob.. asal tidak menggunakan pasta gigi... :)

@ZONA DOWNLOAD GRATIS : malang yaa.. kampung saia di jawa tengah sob... :)

@Lenny : thank's.. hmm.. asam apa asma nih??? :D

@Rachmad a.k.a Gorengan : oke.. asal jgn pake pasta gigi sob... :)

Cek Info mengatakan...

sip sama2 sob, semoga dengan award silaturahmi kita terus berjalan :D

Cek Info mengatakan...

3 KL sudah berlangsung

Musa Khairul Umam mengatakan...

Aku paling suka yang no 7,Segerrrrr

Rama88 mengatakan...

selamat siang sobat,, numpang nongkrong disini,, sekalian baca2 artikel,, :D..

Shinobi Blog mengatakan...

@Cek Info : amiieen sob... segera KL balasan bro..

@Musa Khairul Umam : mantav sob.. :)

@Rama88 : oke sob... numpang tidur juga gak papa2... hhe :D

Farixsantips mengatakan...

Sob itu kalo mencicipinya terlalu banyak sampe kenyang gimana sob? :D wokwokwok
Kalo ketelen air gimana ya saat gosok gigi

Cek Info mengatakan...

mudik gk ni? gk y? ane besok mudik :D

Shinobi Blog mengatakan...

@Farixsantips : itu sih bukan mencicipi sob.. kalo sampe kenyang... tapi rakusss.. hhe :D

@Cek Info : saia gak mudik bro.. hati2 bro kalo mudik . . :)

arev tyan mengatakan...

Habis guyur kepala langsung guyur ke mulut gan!seger.. :-)

Liandri eko mengatakan...

rumah ente dmn?
kl aja deket. he..he..he..

sambil kasih KL gan 3x

Shinobi Blog mengatakan...

@Liandri eko : di Solo sob ... :)

Shinobi Blog mengatakan...

@arev tyan : seegeeer bener gan... :D

Cek Info mengatakan...

iy :D
KL 3 kali sob, tadi sore uda belum? KL 3 kaliny?

Shinobi Blog mengatakan...

@Cek Info : oke segera KL .. tadi sore udah saia KL bro...

Liandri eko mengatakan...

wah sayang sekali jauh sob. he..he..he..

kasih KL lagi sob 3x

Blog Teknik mengatakan...

Semoga bisa menambah wawasan bagi yang belum mengetahuinya.

Cek Info mengatakan...

wew Solo? wele2 :D

"Dot-XP" mengatakan...

byasa KL harian,,

ZONA DOWNLOAD GRATIS mengatakan...

KL sebelum saur bro

apakah ini itu mengatakan...

sob nanya dong... beli domain .com ini harganya berapa ya???

Ismiaprial mengatakan...

wah, sy dpt byk pengetahuan baru ini.. Makasih Sob

gang tutorial mengatakan...

sory telat sob...tuk mampir..banyak kegiatan off soale...muantep imponya

Error Shinobi mengatakan...

@Cek Info : knp wele2 bro??? jauh yaa...???

@ZONA DOWNLOAD GRATIS : segera dibalas sob..

@apakah ini itu : 75rb sob... cek aja di domainesia

Error Shinobi mengatakan...

@Ismiaprial : masama sob...

@gang tutorial : thank's dah mampir sob... :)

Liandri eko mengatakan...

Kunjungan sore sob, di tunggu updatenya. sekalian KL 5x

Liandri eko mengatakan...

sob mau tanya ente dah dapet pin dari GA belum?

Error Shinobi mengatakan...

@Liandri eko : oke sob... segera dibls ... soal pin .. saia belum dapat sob...

Liandri eko mengatakan...

ow berati sama sob, katanya kl kita gak dapat pin kita gak bisa cairin uangnya.

Liandri eko mengatakan...

KL 3x sob

Error Shinobi mengatakan...

@Liandri eko : meybe.. kalo dah cukup buat diambil.. baru dikasih PIN.. tapi gak usah dipusingi dlu sob... kumpulin aja dlu... :)

anisayu mengatakan...

happy puasa syawal....

arrtikel nya adem...

Error Shinobi mengatakan...

@anisayu : thank's ...

Printing mengatakan...

info yang bagus tw,,, :)

Error Shinobi mengatakan...

@Printing : makasih ... :)

Posting Komentar