Google+ Sebuah Jejaring Sosial Baru

by Error Shinobi
Mungkin Google masih penasaran dengan rekan sesama "penguasa" dunia maya, Facebook. Beberapa kali Google membuat jejaring sosial, namun takjua menuai hasil memuaskan. Google Buzz dan google wave adalah contoh betapa bernafsunya Google untuk ikut mencicipi kue social networking yang digenggam erat oleh Facebook.
Kini, dengan serius Google memunculkan Google + (disebut Google plus, http://plus.google.com), jejaring social terbarunya. Berbekal ragam layanan yang sudah meraksasa seperti Youtube, document, search engine, gmail, dan android, tentu saja membuat Facebook sangat patut untuk takut. Bagi kita sebagai pengguna jejaring sosial, ada beberapa hal menarik yang diusung oleh Google +, meskipun ada juga fitur yang mirip dengan Facebook.

Jadi,
akan berhasilkan Google merebut tahta Facebook sebagai raja jejaring social?


Google + adalah suatu jejaring social yang dikeluarkan google. Saat ini masih berstatus versi beta. Jejaring ini hampir sama dengan facebook dan kabar terbaru menyebutkan google plus ini memiliki fitur yang lebih komplit.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan Google + :

Circles
Dengan Circles (lingkaran) anda dapat menambahkan teman dan mengelompokkannya berdasarkan kesamaan hobi atau lainnya. Perbedaan utama Circles dengan Daftar Teman Facebook adalah anda dapat mengatur untuk memperlihatkan atau menyembunyikan posting anda kepada kelompok teman tertentu. Hal itu tentu berbeda dengan Facebook dimana status yang anda posting dapat dilihat oleh semua teman bukan hanya oleh nama-nama yang masuk dalam daftar teman.
Pengaturan seperti ini tentu memberikan keleluasan kepada anda untuk mengatur kepada siapa anda hendak memperlihatkan status atau posting anda. Dengan Circles anda dapat berteman dengan siapa saja tanpa menunggu komfirmasi, namun jika ingin melihat posting orang yang anda ajak berteman, orang yang bersangkutan harus memasukkan anda pada lingkarannya. Lalu bagaimana jika hanya anda sendiri yang memasukkan orang lain ke Circles namun orang tersebut tidak memasukkan anda ke Circles? Jawabannya, anda hanya akan dapat memperlihatkan posting anda kepada orang tersebut dan tidak sebaliknya.

+1
+1 adalah fitur di Google+ yang fungsinya serupa dengan fungsi like di facebook.

Huddle
Dengan Huddle anda padat menuliskan pesan instan ke Grup teman.

Private Message
Buat anda yang ingin mengirimkan private message cukup tulis status pada stream dan atur agar dapat dilihat oleh satu orang saja.

Photos/Video Sharing
Unggah foto dan edit langsung sebelum dibagikan, tapi sayang karena masih versi percobaan, sehingga fitur edit ini belum befungsi. Sedangkan mengunggah video anda dapat memilih berkas video dari komputer atau memasukkan alamat tautan dari youtube.

Hangout
Dengan hangout anda dapat memulai obrolan dengan grup baik dengan obrolan teks maupun obrolan video.

Sparks
Gunakan Sparks untuk mendapatkan aliran kabar berita (feed) dari Internet sesuai dengan minat atau hobi yang anda pilih.


Cara Mendaftar ke Google Plus
Untuk mendapatkan akun di Google Plus anda harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Undangan nantinya akan dikirim ke email, untuk menerima undangan yang dikirimkan klik icon Pelajari Lebih Lanjut Tentang Google+. Nantinya, anda akan diminta melengkapi profil akun yang akan anda buat. Bila email yang anda gunakan, Gmail, anda tidak akan diminta melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor telepon. Namun, bila akun email yang anda gunakan selain Gmail, maka anda akan diminta melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor telepon, jangan lupa untuk memilih metode verifikasinya apakah dengan teks pesan atau panggilan telepon. Jika anda memilih metode teks pesan, setelah memasukkan nomor telepon anda akan mendapatkan kiriman pesan berupa kode komfirmasi. Isikan kode komfirmasi pada form yang telah disediakan. Setelah itu segera klik buat akun untuk membuat akun Google+.

Pemendek URL Profil Google+
Anda pasti sudah mengenal teknik pemendek URL, bukan?. Pada dasarnya proses pemendekan URL ini melibatkan HTTP Redirect terhadap suatu alamat domain yang pendek yang kemudian diarahkan ke situs tujuan yang mempunyai URL yang panjang.
Berikut ini adalah cara untuk mempromosikan profil Google+ anda dengan memperpendek URL profilnya terlebih dahulu agar lebih mudah diingat.

Cara 1 dengan menggunakan GPlus Shortener
  • Masuk ke http://gplus.to/
  • Masukkan nickname saat anda mendaftar Google+
  • Klik add.
  • Nanti akan muncul URL xxx.gplus.to/namaanda.

Cara 2 dengan menggunakan Google Shortener
  • Masuk ke http://goo.gl/
  • Masukkan URL yang ingin dipendekkan.
  • Klik Shorten.
  • URL pendek siap digunakan.

6 komentar:

Farixsantips mengatakan...

iya nih sob, sayangnya gak bisa dicoba sekarang.

Prapatan Kertek mengatakan...

Jangan2 blog yg nggak ikut gplus akan di banned atau di hapus dari daftar pencarian.!\\

Unknown mengatakan...

lebih rumit kalo gk salah, hmm bingung untuk orang yang gaptek ama teknlogi kayak ane hoho, ane suka yg Pemendek URL Profil Google+ hehe asik tuh. kalo tutorial cara penggunaanny tersendiri gmna gan?

cowobaex mengatakan...

wah fb tersaingi neh dah ketakutan tuh fb

Unknown mengatakan...

wow amaing, ni aja uda lenyap dari permukaan :D

Error Shinobi mengatakan...

@Farixsantips : udah bisa kog sob.. tapi masih versi beta... :)

@Prapatan Kertek : meybe kali sob... :)

@cowobaex : bakalan senasib ma friendstar kali nih fb ... :)

@Asmara Susanto : itu diatas udah dijelasin bro... :D

Posting Komentar